Jumat, November 26, 2010

Cara Memelihara Jam Tangan Supaya Awet :D

Dulu memang saya hobi mengoleksi jam tangan karena kebiasaan buruksaya yang selalu merusak jam tangan. Anggap saja itu ketidaksengajaan karena saya masih kecil :p

Sekarang saya sudah GEDE dan tahu mana yang benar dan mana yang salah, termasuk tahu kalau MERAWAT JAM TANGAN adalah hal yang paling menyenangkan :p. Berikut cara-caranya *my version and from some sources :

1.Peliharalah kebersihannya. Peliharalah dari kotoran berupa debu, keringat, air, zat kimia, minyak, air hujan dll
2.Jangan simpan di tempat yang lembab. Segera lap dengan kain kering apabila sudah kena air karena akan mudah menimbulkan karat. Dalam beberapa kasus, ada pelanggan yang bilang jam tangannya cepet putus, padahal jamnya bagus, tahan air, baru beli dan sebagainya. Setelah ditanya, ternyata sering kena air. Perlu siketahui jam tangan yang sering kena air talinya akan cepat putus, apalagi kalau bahannya dari kain.
3.Segera ganti baterainya kalo habis atau lebih baik buang saja baterainya kalo belum sempet ganti baterai. Biasanya baterai yang sudah habis akan mengeluarkan “air” yang akan menyebabkan karat bahkan mengotori mesin.
4.Kalo jam tangan temen-temen otomatis, servicelah secara berkala. Enam bulan sekali atau setahun sekali
5.Untuk orang yang tangannya sering berkeringat *like me disarankan untuk menggunakan jam tangan yang talinya terbuat dari bahan plastik. Keringat mengandung asam kalau terkena besi dan sejenisnya maka besi akan berkarat dan mudah menimbulkan iritasi pada kulit. Bila orang yang tangannya sering berkeringat menggunakan jam tangan yang bahan talinya dari kain lama-kelamaan akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada tali jam itu. Bayangkan saja tali jam dengan baju *yang sama-sama terbuat dari kain
bila baju yang sering dipakai untuk berolahaga atau aktivitas lain yang membutuhkan energi dan mengeluarkan bannyak keringat, akan bauuu kan :p begitu juga dengan tali jam.

Itu tadi segelintir tips supaya jam tangan kalian tetap awet
GOOD LUCK!

0 komentar:

Posting Komentar